7 Tips Agar Sehat dan Fit Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan

Berpuasa adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh umat Muslim yang ada di seluruh dunia. Dalam keadaan berpuasa sendiri seluruh manusia yang menjalankan diharamkan untuk makan dan minum di siang hari. Dalam keadaan ini, akan menjadi masalah tentunya bagi siapa saja yang tidak terbiasa melakukannya. Oleh karenya anda perlu menerapkan beberapa tips agar anda tetap sehat dan fit meski sedang berpuasa.
Berbuka Puasa
Berbuka Puasa
Keadaan yang fit dan sehat tentu saja dapat berdampak pada kualitas puasa yang lebih baik. Berikut 7 tips agar sehat dan fit selama berpuasa di bulan Ramadhan:
Berbuka dengan Kurma
Kurma adalah makanan yang disunnahkan rasul dalam menu berbuka di bulan Ramadhan setidaknya 3 biji. Dan kurma sendiri mempunyai manfaat yang sangat baik untuk mereka yang telah berpuasa seharian di waktu siang karena mengandung nutrisi yang baik.
Sahur
Sahur adalah kegiatan makan yang dilakukan untuk bekal untuk berpuasa di siang harinya. Oleh sebab inilah setiap manusia yang hendak berpuasa akan lebih baik jika makan sahur. Konsumsi buah, sayur, lauk pauk serta karbohidrat yang cukup agar anda bisa tetap fit selama berpuasa.
Minum Cukup
Air adalah salah satu komponen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Oleh sebab itu dalam keadaan berpuasa hendaknya dirinya mempersiapkannya dengan memastikan anda telah minum air secara cukup di waktu berbuka, malam dan juga sahur. Usahakan minimal anda mengkonsumsi 8 gelas air di waktu malam agar terhindar dari masalah dehidrasi waktu berpuasa.
Karbohidrat Kompleks
Beras merah, gandum, oatmeal serta beras hitam adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang baik dikonsumsi bagi mereka yang ingin berpuasa. Makanan ini lama waktu pencernaannya oleh sebabnya efeknya anda akan lebih lama dalam merasakan kenyang dan yang penting lainya gula darah pun akan tetap terjaga.
Gizi Seimbang
Untuk mendapatkan gizi yang seimbang seseorang juga harus menyeimbangkan porsi makanan yang akan dikonsumsi. Tidak hanya terporos pada sayur saja atau lauk atau hanya karbohidrat saja, akan tetapi semua porsi makanan tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh dalam puasa keesokan harinya.
Stop Dulu Kafein
Pada saat berpuasa jika memungkinkan, hindari dulu anda mengkonsumsi jenis minuman yang mengandung kafein seperti Kopi terutama di waktu sahur. Kopi mengandung efek deuratik yang bisa membuat anda sering pipis ketika meminumnya. Hal ini tentu tak baik untuk anda yang sedang berpuasa, pasalnya anda akan kehilangan cairan dengan berlebihan, sementara dalam keadaan berpuasa anda dianjurkan untuk menjaga cairan yang ada di dalam tubuh agar tak banyak berkurang.
Minuman Manis
Kurangi mengkonsumsi minuman manis, dan ganti minuman tersebut dengan air putih atau infused water (air sari buah). Hal ini dikarenakan minuman manis bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh,  sehingga bisa berefek pada meningkatnya berat badan dan membuat badan jadi lemas.