Agar tidak mudah haus selama puasa, ini caranya

Jangan biarkan dehidrasi membuatmu mudah merasa haus selama berpuasa.
air putih melindungi dari dehidrasi
air putih melindungi dari dehidrasi
Dibanding jenis minuman lainnya, air putih merupakan cairan paling penting untuk mengatasi dahaga sepanjang Ramadhan. Sayangnya, kebanyakan orang tidak mengonsumsi air putih dengan cukup , melainkan hanya meminumnya setelah berbuka dan lupa mencukupi kebutuhannya hingga tiba lagi waktu sahur di hari berikutnya.

Mengapa membutuhkan air putih?

60-70% tubuhmu terbuat dari air. Mengurangi asupannya dapat memengaruhi sel-sel tubuh dan saraf berfungsi dengan baik. Inilah sebabnya sangat penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, karena dehidrasi dapat mengabitkan efek samping yang tidak diinginkan seperti sembelit, sakit kepala, pusing, kelelahan, dan kulit kering.

Mengapa air putih baik saat puasa?

Berbeda dari air putih, cairan lain mengandung gula yang menyebabkan tubuhmu mengonsumsi kalori ekstra. Apalagi, jenis minuman manis, minuman ringan atau yang bersoda akan membuat perutmu terasa penuh, dan mengganggu saluran pencernaan ketika dikonsumsi selama berpuasa.

Manfaat air putih

Air putih berperan penting dalam menurunkan berat badan dan menjaga tubuh tetap sehat. Selain membantu membuang racun, air juga dapat mengurangi rasa lapar. Oleh karena itu, penting diingat untuk selalu menyempatkan minum air putih sepanjang malam.

Cara mencegah haus di bulan puasa

mencegah haus di bulan puasa,
mencegah haus di bulan puasa,
Makanan yang kamu konsumsi saat sahur berperan penting untuk mengendalikan rasa haus saat berpuasa. . Berikut ini cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari dahaga ketika puasa:
1.       Tetap minum air putih setidaknya 8 gelas sehari. Sahur dua gelas, saat berbuka puasa dua gelas, setelah makan malam dua gelas, sebelum tidur dua gelas. 
2.       Hindari hidangan panas dan pedas terutama di waktu sahur karena akan meningkatkan rasa haus.
3.       Hindari menambahkan terlalu banyak garam pada hidangan, dan hindari juga makanan asin seperti ikan asin atau acar karena meningkatkan kebutuhan air di tubuh.
4.       Konsumsi buah-buahan dan sayuran segar karena tinggi kandungan air dan juga serat. Buah dan sayur akan menetap di usus dalam waktu yang relatif lama hingga benar-benar dapat dicerna. Ini akan mengurangi rasa hausmu.
5.       Konsumsi jus sayur atau buah segar tanpa menggunakan gula.
6.       Usahakan tidak meminum banyak air sekaligus, apalagi ketika makan sedang berlangsung. Minum air sedikit-sedikit tapi sering, terutama setelah makan atau saat menunggu waktu imsak.

Ketahui Juga

Hindari minum air es saat berbuka puasa karena ini tidak dapat meringankan dahaga, melainkan menyebabkan pembuluh darahmu berkontraksi sehingga berakibat gangguan pencernaan. Untuk alasan ini, sebaiknya kamu minum air hangat atau yang sesuai suhu ruangan pada saat berbuka.

Kredit:http://gladisco.lintas.me/