Supaya Tidak Dehidrasi Selama Puasa, Terapkan Pola Minum #AQUA242

Jakarta, Seperti yang sudah diketahui, tubuh manusia butuh minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas sehari. Jika kurang dari itu, tubuh akan mengalami dehidrasi dan dapat menimbulkan banyak efek samping terhadap kesehatan. Cara mengetahui apakah tubuh kita cukup terhidrasi atau tidak sangat mudah.

Jika warna urin cukup pekat, berarti tubuh mulai mengalami dehidrasi. Namun saat puasa, kita tidak minum selama 14 jam. Bagaimana caranya agar tubuh tidak dehidrasi? Menurut dr. Sri Sukmaniah MSc, SpGK, kuncinya ada di pengaturan pola konsumsi air putih.

“Agar hidrasi seimbang, jangan sampai kurang dari 8 gelas tetapi tidak perlu berlebihan juga. Saat sahur, orang cenderung minum air banyak-banyak karena takut cadangannya kurang untuk berpuasa seharian. Padahal dua gelas air putih saja cukup,” kata dr. Sri dalam acara diskusi Asupan Nutrisi yang Tepat saat Berpuasa.

Apalagi masyarakat Indonesia masih terbiasa berbuka puasa dengan yang manis sehingga melupakan air putih. Jika terlalu banyak mengonsumsi minuman manis saat berbuka, dapat dipastikan terjadi penimbunan kalori berupa lemak.

Padahal seharusnya puasa justru dapat membantu mengurangi kandungan glukosa dan berat badan jika dijalankan dengan asupan gizi serta nutrisi yang seimbang. Air putih merupakan cairan yang paling alami untuk memberikan hidrasi pada tubuh kita karena tidak mengandung pemanis, pewarna atau pengawet.

Untuk memenuhi kebutuhan 8 gelas air per hari di bulan puasa, solusinya adalah dengan menerapkan pola minum #AQUA242.  Dua gelas air putih saat berbuka puasa, empat gelas saat malam hingga menjelang tidur dan dua gelas lagi saat sahur.

Presenter kawakan Ferdi Hasan telah mencoba pola minum #AQUA242 ini saat bulan Ramadan tahun lalu dan merasakan manfaatnya. “Dulu saya sekeluarga sempat kesulitan mengatur asupan air putih saat menjalankan ibadah puasa. Pola minum #AQUA242memudahkan kami menjaga tubuh tetap terhidrasi walaupun sedang berpuasa,” ujar Ferdi.

Jadi mulai sekarang sudah tahu kan kuncinya? Tidak perlu minum air putih 8 gelas sekaligus saat sahur. Cukupi kebutuhan konsumsi air putih selama bulan puasa dengan menerapkan pola minum #AQUA242. Tubuh terhidrasi, puasa pun jadi lancar. Selamat berpuasa.

Kredit:http://health.detik.com/